Selasa, 18 Maret 2014

Tradisi kelulusan di Jepang : "Aku mau Kancing kedua !"

 "Aku mau Kancing kedua !"

***

Nggak kerasa kelulusan udah tinggal ngitung jam. 24 Mei 2013, besok tepat jam 9 (kalau nggak ada kendala -_-) surat kelulusan dapat dipastikan udah sampai di tangan. By the way, tentang kelulusan.. aku jadi inget sama satu tradisi di Jepang. Tradisi tentang kancing kedua yang nggak pernah di lewatkan sama sebagian remaja di Jepang ini emang menurutku unik banget. Lewat kancing, perasaan bisa tersampaikan. Katanya kalau kita (cewek) bisa dapet kancing kedua ini dari cowok yang kita sukai di hari kelulusan, kemungkinan besar perasaan kita terbalaskan ! ahaha unik banget :D buat yang belum tahu apa makna dibalik kancing kedua ini sendiri coba deh check dibawah ini !

***

Tradisi Kancing Baju Kedua

Dari sebuah film jepang yang diberikan Clara, Proposal Daisakusen, ada satu hal menarik yang bisa diposting disini. Sebuah tradisi unik yang terjadi secara turun temurun di Jepang dan aku sendiri baru mengetahuinya sekarang.

Seperti kita tahu, Jepang mempunyai kebudayaan yang unik dan khas. Mulai dari pakaian, acara minum teh dan entahlah apalagi, Clara banyak tahu. Namun tradisi ini benar-benar unik dan masuk akal.

Anak muda Jepang punya tradisi sendiri dalam hari kelulusan mereka di sekolah, jika di Indonesia hari kelulusan diwarnai dengan aksi corat-coret serta konvoi membahayakan di jalan, maka para gadis di Jepang merayakannya dengan hal lain. Mereka biasanya menginginkan kancing seragam para cowo, bukan sembarang kancing seragam, hanya kancing nomer dua dari atas.
Apa maknanya?
Kancing kedua merupakan kancing yang letaknya paling dekat dengan hati sementara seragam adalah sesuatu yang dipakai setiap hari selama tiga tahun bersekolah. Jadi kancing kedua itu berisikan semua perasaan si cowok selama tiga tahun bersekolah sampai kelulusannya (episode 4 by Yoshida Rei)

Jadi ngerti kan maksudnya?
Kalau seorang cewe menginginkan kancing kedua cowok maka dia menginginkan perasaan cowok itu. Sebaliknya, jika seorang cowok memberikan kancing keduanya pada cewe itu berarti sebuah pengakuan bahwa ia sedang jatuh cinta pada cewek yang bersangkutan.

Tradisi ini semakin dipopulerkan oleh sebuah adegan dalam novel karya Daijun Takeda.

Hahahah... bener-bener masuk akal dan unik. 


***

Nah, kalau udah begini rasanya aku juga jadi kepengen minta kancing kedua juga dari.. (ehem!) ahahah, walaupun di sekolahku itu siswanya nggak pake Gakuran (jas seragam), kayaknya minta kancing kedua dari kemejanya juga nggak masalah, wahahaw xD (nekaaat). 

Jadi keingetan juga sama salah satu adegan komik Gals karya Mihona Fujii volume 10. Waktu Aya Hoshino yang notabene jadi siswi SMA Hounan ini kecewa berat ngeliat Otohata Rei, cowok yang disukainya di SMA Meishou kehilangan seluruh kancingnya di hari kelulusan. Otohata yang merupakan siswa nomor satu di sekolahnya jelas menjadi incaran seluruh siswi. Aya yang sudah bersusah payah menghadiri upacara kelulusan SMA Meishou ini langsung shock berat (bahasanyaa -_-) Aya sampai nangis lho..! Namun, tak lama Otohata melihatnya dan tanpa diduga, Otohata memberikan kancing keduanya yang telah di siapkan terlebih dahulu untuk Aya (so sweeeeet) 






Kalau si 'ehem' kumintai kancing keduanya kira - kira mau nggak ya? yah, walau jelas ketebak bahwa reaksi yang jelas terjadi adalah, dia bengong kebingungan dan bilang..
"Jang Naon?" wkwkwk - Mission Failed ya hahhaha

dikutip dari : http://mocca-chi.blogspot.com/2010/05/tradisi-kancing-baju-kedua.html

9 komentar:

  1. Heee... gitu toh. Lucu banget :3 Coba bisa ke jepang pas SMA(?) Mungkin aku juga pingin minta kancing :"v

    BalasHapus
  2. Ada salah satu anak yg mau minta kancing seseorang. Setelah baca artikel ini...

    BalasHapus
  3. heee aku minta kancing kedua *ehek* dan dia mau ngasih tanpa nanya ._.

    BalasHapus
  4. Ke sini perkara kancing anak treasure

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoshi emang selalu bikin overthinking bund, kepo bgt sama ceweknya, secara yoshi kayaknya cool di sekul

      Hapus
  5. kalo gk cewek yg dia suka ,dan gk ada yang minta ke dia juga terus??

    BalasHapus